Ada Apa di Pemalang


Siapa tahu nasib membawa anda ke Pemalang, kan? Atau setidaknya melewati kota nanas ini di jalur mudik.

Pemalang adalah kota di jalur Pantura yang berada diantara Tegal dan Pekalongan. Karena gue hampir 4 bulan di Pekalongan dan sesekali ke Pemalang, gue coba bikin daftar hal-hal yang bisa dilakukan di Pemalang. Untuk menjawab pertanyaan, ada apa di Pemalang?

Pagi

Pagi di Pemalang bisa dimulai dengan salah satu makanan khas disana yaitu pecak welut dan pecak ikan. Pecak welut adalah belut yang digoreng atau diasapi lalu di tumpuk di piring batu atau wadah gilingan untuk dicampur dengan sambal khas.

Lihat Pecak Ikan Pemalang disini: 4 Makanan Asli Pekalongan yang Enak untuk Kulineran

Salah satu restoran yang direkomendasikan adalah Rumah makan Mantep Roso yang buka hingga 24 jam. Cocok untuk istirahat sebentar setelah perjalanan jauh.

Siang

Jika melewati Pemalang di jam makan siang. Akan rugi sekali apabila tidak mampir untuk makan Nasi Grombyang. Nasi Grombyang ini disajikan dengan mangkuk kecil bersama kuah dan daging kerbau.

nasi grombyang
Sate kerbau teman nasi grombyang

Untuk teman makannya, disajikan pula sate tusuk dan sate babat dari daging kerbau. Makanan ini kaya dengan bumbu rempah dan dagingnya pun halus.

Rekomendasi untuk makan nasi Grombyang adalah Nasi Grombyang Pak Waridin dan Nasi Grombyang Haji Warso. Keduanya adalah kakak-beradik, bisa dibilang mereka yang memonopoli rumah makan nasi grombyang di Pemalang.

Sore

Setelah perjalanan panjang, ada baiknya rehat sejenak di Pantai Widuri. Salah satu pantai wisata yang tersebar di jalur Pantura. Selain bisa bermain air, jangan lupa untuk kulineran makan seafood dan minum air kelapa.

Cumi hitam

Setelah puas bermain air, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh berupa Nanas madu Pemalang. Hasil bumi asli Pemalang ini biasa dijajakan di pinggir jalan menggunakan sepeda motor.

Malam

Kemalaman di Pemalang? Tidak masalah. Sebagai kota yang dilalui jalur mudik, Pemalang memiki beberapa opsi untuk menginap.

R-gina resto & Hotel jadi pilihan utama kala menginap di Pemalang. Lokasinya dekat dengan mulut jalan tol.

Baca juga: Kota Pekalongan dan Drama Tinggal di Daerah Pesisir

Sudah itu saja info tentang Pemalangnya. Sudah terjawab pertanyaan ada apa di Pemalang? Kalau belum, silahkan tinggalkan komentarnya ya!

Share this article
error

One thought on “Ada Apa di Pemalang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Apakah artikel kami membantu? Share ke temanmu ya!