Pengalaman Aktivasi EFIN di kantor pajak Bogor (KPP Pratama Bogor)

Pengalaman Aktivasi EFIN di kantor baru KPP Pratama Bogor

Bulan maret ini jadwalnya lapor SPT tahunan. Kebetulan gue berniat untuk lapor online alias e-filling tapi belum aktivasi EFIN. Akhirnya gue berangkat ke KPP Pratama Bogor. Ternyata, kantor pajak alias KPP Pratama Bogor yang dulunya berlokasi di jalan Djuanda sebelah mall BTM, sekarang pindah ke kantor baru di jalan Sholeh Iskandar.

Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bogor yang baru berlokasi di Jalan Sholeh Iskandar No.88, Tanah Sereal Kota Bogor 16122. Patokannya setelah ruko Happy Puppy dan Hosana, dan di seberang Perumahan Taman Sari Persada Bogor.

Kantor di jalan Sholeh Iskandar ini sebenarnya bukan kantor permanen, tapi hanya berupa kantor sementara selama gedung lama di jalan Djuanda direnovasi sejak akhir 2017 lalu. Nantinya setelah renovasi selesai, kantor pajak Bogor akan kembali ke jalan Djuanda, dan digabung dengan Kanwil DJP 3 Jawa Barat.

Untuk hitungan kantor sementara, gedung yang digunakan KPP Pratama Bogor jauh lebih nyaman dibanding kantor aslinya. Terdiri dari 3 lantai, dimana lantai 1 dipergunakan untuk urusan pajak umum seperti pembuatan NPWP, lantai 2 untuk pelaporan SPT tahunan manual, dan lantai 3 bisa kita datangi untuk aktivasi EFIN, e-Filling SPT tahunan online, dan helpdesk SPT tahunan.

Karena kebutuhan gue kemarin adalah untuk aktivasi EFIN, jadi gue langsung diarahkan untuk naik ke lantai 3. Di lantai 3 kita bisa minta formulir aktivasi EFIN lalu isi form terlebih dahulu sebelum bisa ambil nomor antrian. Untuk persyaratan aktivasi EFIN sendiri cukup mengisi formulir dan membawa fotocopy KTP dan NPWP. Jangan lupa bawa pulpen sendiri ya karena tidak disediakan di meja registrasi. Di luar kantor pajak ada tukang fotocopy kok di warung sebelah kiri gedung.

Kalau sudah mengisi form dan dapat nomor antrian bisa langsung menuju ke meja khusus pendaftaran EFIN lalu tunggu nomor EFIN kita keluar. Setelah selesai akan diberikan kertas kuning berisi nomor EFIN. Sebenarnya kita bisa langsung mengisi laporan SPT online alias e-Filling di lantai 3 juga kok jika ingin urusannya langsung selesai. Tinggal ambil antrian untuk e-Filling aja. Semoga informasinya membantu ya!

Share this article
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Apakah artikel kami membantu? Share ke temanmu ya!