Perbedaan Kereta Argo Bromo Anggrek Malam dan Pagi

Long weekend kemarin gue berangkat ke Surabaya naik kereta Argo Bromo Anggrek pulang dan pergi. Waktu berangkat kebetulan gue ambil jadwal kereta malam jam 21.30 WIB, sementara untuk pulang ke Jakarta gue dapat jadwal kereta pagi jam 08.00 WIB. Ternyata ada beberapa perbedaan untuk kereta Argo Bromo Anggrek yang berangkat pagi hari dan malam hari.

Kereta malam tiketnya jauh lebih cepat habis

Banyak orang yang lebih suka naik kereta malam karena nggak perlu menghabiskan hari di kereta dan bisa tidur sepanjang perjalanan. Gue juga sih, lebih enak kalau kita siap siap malam hari berangkat dan pagi harinya langsung tiba di kota tujuan. Sebenarnya jadwal kereta jam 21.30-06.30 udah paling enak, tapi sayang waktu beli tiket pulang udah keburu habis karena mungkin kebanyakan orang juga nggak mau menghabiskan waktu di kereta dari jam 08.00 pagi sampai jam 17.00 sore.

Tidak disediakan selimut di kereta Argo Bromo Anggrek pagi

Berbeda dari kereta Argo Bromo Anggrek malam, kereta yang berangkat pagi hari hanya terdapat fasilitas bantal saja untuk penumpang. Sementara selimut tidak diberikan. Padahal gue sengaja pakai baju tipis dan nggak pakai jaket lagi karena mengira bakalan dikasih selimut sama seperti kereta malam. Walaupun memang AC keretanya nggak sedingin malam hari tapi kayaknya tetap perlu selimut sih.

Makanan di kereta pagi cepat habis

Karena kereta yang berangkat pagi itu ngelewatin dua kali jam makan (sarapan dan makan siang), makanya orang-orang banyak yang terpaksa beli makan di kantin kereta. Berbeda dari jadwal malam hari dimana biasanya sebelum berangkat kita sudah terlebih dulu makan malam atau beli bekal di luar.

Pengalaman gue kemarin, berkali kali mau makan ke restorasi tapi mejanya selalu penuh dan giliran mau pesan makanan dari mbak mbak yang lewatin gerbong, eh dibilang makanannya sudah habis. Posisinya waktu gue mau pesan makan itu sekitar jam 1 siang dan mbaknya bilang kalau makanan baru akan di restock kembali saat kereta singgah di stasiun Cirebon sekitar jam 2 siang lewat.

Jadi kalau memang akan naik kereta pagi lebih baik bawa perbekalan sendiri atau pesan lebih awal sebelum kehabisan.

Selain tiga perbedaan yang gue notice tadi, kereta Argo Bromo Anggrek malam dan pagi nggak banyak berbeda kok. Durasi perjalanan, fasilitas yang didapat dan detail lainnya masih sama sama bagus. Kalau lo lebih suka naik kereta pagi atau malam?

Share this article
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Apakah artikel kami membantu? Share ke temanmu ya!