Asih: Horor Tanggung yang Tidak Spesial

Ketika film ini selesai, gue masih terduduk di kursi bioskop karena kaget filmnya berakhir secepat itu. Ternyata film ini memang berdurasi singkat, 78 menit tepatnya (bioskoptoday.com, 17/10/2018).

Durasi yang singkat ini membuat film Asih sangat dangkal tanpa adanya pendalaman cerita yang sebenarnya bisa dikembangkan lebih luas. Namun, keuntungan juga bagi gue karena tidak harus menonton lama-lama film buruk ini.

Asih
source : tabloidbintang.com

Kenapa buruk?

Film ini didapuk sebagai spin-off dari Danur Universe yang dimulai sejak tahun 2017 lalu. Ide awal tentang adanya spin off dari sebuah Universe yang dimulai baru tahun lalu saja sudah membuat gue ragu untuk menonton film ini.

Lalu, hororpun dimulai. Bukan horor filmnya, tetapi gue yang merasa de javu melihat bagaimana adegan-adegan mengerikan seakan dicomot dari film horor lainnya. Sebagai contoh, senandung, adegan suara dari radio, diganggu saat sedang ibadah, terdengar familiar bukan?

Ini karena tiga hal di atas ada dalam film Pengabdi Setan karya Joko Anwar yang tayang setahun lalu. Belum lagi unsur film horor khas James Wan, seperti kursi terbang, pintu tertutup sendiri, memanggil roh dengan duduk melingkar, membuat gue berpikir tidak ada scene yang otentik dari film Asih ini.

Film asih
source : nulis.co.id

Satu hal yang bagus mungkin adalah nuansa film yang konsisten ditunjukkan oleh film ini. Nuansa sephia dengan campuran warna kuning hitam dipertahankan film ini sejak adegan awal hingga akhir.

Yang disayangkan, hadirnya Shareefa Danish dan Darius Sinathrya tidak membuat film ini menjadi lebih istimewa. Namun, walaupun menurut gue film ini tidak terlalu bagus, film Asih berhasil masuk ke jajaran film yang tembus 1 juta penonton di tahun 2018 (liputan6.com, 17/10/2018).

Sumber :

Bioskoptoday.com, Asih, 17 Oktober 2018

Liputan6.com, Belum Sepekan Tayang, Film Asih Tembus 1 Juta Penonton, 17 Oktober 2018

Share this article
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Apakah artikel kami membantu? Share ke temanmu ya!