5 Rekomendasi Film bertemakan Medieval

Medieval merujuk pada medio abad pertengahan di Eropa. Film bertemakan medieval ini biasanya lekat dengan baju jubah-jubah besar, pengembara, zirah besi, melawan tirani dan ber-genre petualangan. Film ini cukup jarang diproduksi karena memiliki budget yang besar untuk keperluan set dan kostum.

Baca juga : review produk Bio Oil Dry Skin gel

Dari segi alur cerita, film Medieval lekat dengan cerita-cerita fantasi, seperti di film Lord of the Rings, The Hobbit, atau Dracula, tapi gue disini tidak mencampur genre tersebut dengan list ini. Berikut 5 rekomendasi film Medieval versi gue :

1. Kingdom of Heaven (2005)

Kingdom of Heaven
source : reelgood.com

Cast: Orlando Bloom, Eva Green, Liam Neeson

Cerita tentang pengembaraan seorang crusader (pasukan salib) menjadi penguasa Yerussalem di masa perang Salib. Di sini banyak adegan perang yang seru, termasuk pengepungan Yerussalem oleh Saladin (Salahuddin Al-Ayyubi).

Penampilan Orlando Bloom (Pirates of the Carribean) banyak di kritik di film ini. Oh ya, gue saranin untuk menonton film Kingdom of Heaven yang versi extended (versi DVD) ya, karena banyak adegan penting dipotong saat tayang di bioskop.

2. Braveheart (1994)

Braveheart
source : sinematurk.com

Cast: Mel Gibson, Sophie Marceau

Pada tahun film ini dirilis, Braveheart menggondol 5 oscar, termasuk kategori film terbaik. Mel Gibson sendiri menjadi sutradara dan aktor utama (William Wallace) di film yang berkisah tentang perjuangan kemerdekaan Skotlandia dari Inggris.

William Wallace berhasil mengobarkan semangat rakyat Skotlandia yang sebagian besar adalah petani dalam melawan pasukan Inggris yang kala itu dikenal sebagai pasukan terbesar di dunia. Akhir filmnya cukup kontroversial dan bahkan bisa mengubah sejarah Inggris selamanya.

3. Outlaw King (2018)

Outlaw King
source : filmvaganza21.com

Cast: Chris Pine

Semacam lanjutan dari kisah Braveheart. Perjuangan Skotlandia kini dipimpin oleh Robert the Bruce dengan taktik perang gerilya-nya. Film ini diproduksi oleh Netflix dengan bintang utamanya Chris Pine (Star Trek, Wonderwoman).

4. Robin Hood (2010)

source: themoviedb.org

Cast: Russell Crowe, Cate Blanchett

Budget terbesar dalam list film ini. Kisah Robin Hood semakin menasbihkan nama Ridley Scott sebagai junjungan penggemar film colossal dan berbudget besar seperti Gladiator, Kingdom of Heaven, dan Exodus.

Dari karyanya kita melihat bagaimana Ridley membangun era medieval hingga ke detailnya. Hal ini yang terlihat dari Robin Hood versi Ridley. Disini Robin Hood tidak sesederhana kisah lainnya-pencuri orang kaya lalu membagikannya ke yang miskin-, tetapi tatanan masyarakat juga ikut dibangun, membuat kisah Robin Hood versinya terkesan lebih hidup.

5. Black Death (2010)

Black Death
source : aminoapps.com

Cast: Eddie Redmayne, Sean bean

Kisah tentang petualangan utusan gereja untuk membasmi sebuah desa yang telah berpaling dari tuhan. Pesan film ini cukup dalam dan kelam. Sama seperti era kelam Eropa ketika terjangkit wabah “black death” yang menjadi latar film ini.

Share this article
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Apakah artikel kami membantu? Share ke temanmu ya!