Film di dalam Film : Proses Pembuatan Film yang Diangkat ke Layar Lebar

Film di dalam film buat gue adalah plot yang menarik. Apalagi kalau melihat proses membuat film di film yang sedang kita tonton. Biasanya cerita tentang proses pembuatan film ditayangkan dengan bentuk dokumenter, tapi ternyata nggak cuma dokumenter aja, lika-liku industri film pun bisa diangkat menjadi sebuah film sendiri. Film-film ini (mungkin) bisa membuat kita terinspirasi untuk membuat film atau membuat kita lebih mengerti intrik-intrik di dalam pembuatan film itu sendiri. Dibawah ini 3 film yang sudah gue tonton dan menarik dengan plot ‘film di dalam film’. Oh iya, ada beberapa film honorable mentions juga, jadi ada 6 film rekomendasi hehe.

Argo

Peraih Oscar untuk film terbaik ini harus didapuk sebagai urutan teratas di list kali ini. Intrik politik sangat terasa dalam film arahan sekaligus pemeran utama Ben Affleck. Ceritanya tentang CIA yang berusaha untuk membebaskan pegawai kedubes Amerika Serikat di Teheran dalam kerusuhan yang dikenal dengan Revolusi Iran. Caranya bagaimana? Dengan membuat film palsu, Argo. Disini kita bisa melihat proses pembuatan film dari mencari produser, membeli naskah, hingga proses marketingnya. Intrik politik juga terjadi di luar film ketika Michelle Obama memberikan ucapan selamatnya saat Argo mendapatkan Oscar.

Tropic thunder

“tapi, mereka adalah tentara terlatih”

“iya, dan kita adalah aktor terlatih”

Dialog di atas gue dengar secara nggak sengaja pas SMA. Gue akhirnya bisa menonton film ini pas kuliah dan harus gue bilang ini filmnya kocak parah! Mengangkat cerita tentang sekelompok aktor yang terlibat pembuatan film aksi dengan budget terbesar sepanjang sejarah. Lokasi syuting yang ternyata adalah wilayah Golden Triangle (pusat narkoba Asia Tenggara) membuat rencana pembuatan film ini buyar. Mau liat Iron Man jadi method actor sampai-sampai mengubah warna kulitnya? Yes, kalian wajib nonton film Tropic Thunder. Salah satu film Ben Stiller (director sekaligus pemeran Night at the Museum, Zoolander) terbaik. Sayang, film ini masih belum ada kabar untuk sekuelnya.

My Week with Marilyn

Salah satu biopik tentang wajah Amerika di tahun 60-an, Marilyn Monroe. Marilyn yang mengunjungi Inggris untuk pertama kalinya bertemu dengan asisten ketiga sutrada film terbarunya. Disini kita akan melihat kegelisahan seorang bintang besar hingga interaksi antar aktor saat pembuatan film. Diperankan oleh aktor peraih Oscar Eddie Redmayne (Fantastic Beast) dan peraih Golden Globe, Michelle Wiliams (Blue Valentine, Manchester by the Sea).

Honorable mentions

Saving Mr. Banks : Tentang pembuatan film Mary Poppins. Ada Tom Hanks yang berperan sebagai Walt Disney

The Artist : Udah pernah nonton ini, tapi lupa. Film hitam putih tapi keluaran tahun 2011. Menang Oscar kategori film terbaik juga.

The Disaster Artist : Ini yang belum ditonton, tapi kayaknya bagus. Tentang aktor (mungkin) terburuk sepanjang sejarah, Tommy Wiseau yang diperankan oleh James Franco.

 

Share this article
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Apakah artikel kami membantu? Share ke temanmu ya!