Kereta Bandara Kualanamu dan Transportasi Umum Lainnya ke Kota Medan

Transportasi umum bisa jadi alternatif buat kita yang ketika tiba di bandara nggak dijemput keluarga atau kebetulan tidak membawa kendaraan pribadi di parkiran bandara. Di bandara internasional Kuala Namu Medan sendiri, moda transportasinya sudah sangat memadai. Jarak yang cukup jauh antara bandara Kuala Namu dan Kota Medan, membuat 3 transportasi ini bisa jadi pilihan bagi para pendatang di bandara Kuala Namu.

  1. Taksi

Taksi ini biasanya digunakan oleh orang dengan isi kantong yang lebih dalam dari gue. Buat gue sendiri, boleh sih menggunakan taksi kalau sudah kepepet. Misalnya, kalau sudah tengah malam, atau ketika sedang perjalanan dinas. Jadi tinggal serahin nota perjalanannya  buat klaim reimbursement deh, hehe.

Di Bandara Kuala Namu, ada dua jenis taksi. Taksi konvensional dan Taksi ojek online. Beberapa taksi konvensional bisa dipesan melalui aplikasi Traveloka dengan harga mulai dari Rp 150.000 untuk tujuan Kota Medan (tergantung zona yang dituju). Ada juga beberapa supir taksi yang menawarkan langsung ketika kita sudah berada diluar terminal. Harganya juga sekitar Rp 150.000 keatas.

Baca Juga : List Harga Makanan di Kereta Kelas Ekonomi dan Eksekutif

Gue sendiri pernah nyoba taksi online karena sudah kemalaman ketika sampai di bandara Kuala Namu. Keberadaan taksi online ini sebenarnya sudah diizinkan, tetapi, ketika gue memesan sempat ada kejadian horor dimana supir taksinya menyuruh gue untuk menghapus orderan karena takut dicegat oleh oknum ketika jalan keluar. Tapi untungnya nggak sampai kejadian sih. Pilihan moda transportasi online sepertinya hanya ada dari Grab. Untuk harganya sekitar Rp 130.000 keatas, tergantung jaraknya. Waktu tempuh bandara ke pusat kota lumayan cepat kok, sekitar 40 menit hingga satu setengah jam.

  1. Kereta Bandara Kualanamu

Kalau sedang buru-buru, naik kereta bandara Kualanamu bisa menjadi alternatif. Nggak perlu merasakan macet, Kuala Namu – kota Medan bisa ditempuh hanya dengan tempo setengah jam. Dari Kuala Namu kita bisa langsung berhenti di Stasiun Kota Medan, dekat Merdeka Walk. Untuk harga tiketnya juga relatif lebih murah jika dibandingkan dengan naik taksi, hanya Rp 100.000. Mungkin kekurangannya adalah kereta ini berangkat tepat waktu sesuai jadwal sehingga kita yang harus menyesuaikan dengan waktu keberangkatan kereta bandara Kualanamu ini.

source : tribunnews

jadwal kereta bandara kualanamu

source : travelholic.blogspot.com

Untuk harganya, ketika awal-awal layanan kereta bandara Kualanamu dibuka tahun 2013, dua tiket dihargai Rp. 150.000. Tapi ketika gue beli beberapa waktu lalu harganya sudah Rp. 100.000. Lalu yang paling penting untuk diingat adalah, tiket kereta api ini tidak bisa dibeli dengan cara cash (uang tunai). Metode pembayaran yang berlaku hanya cara prepaid alias beli online dengan menggunakan voucher, atau di mesin ticketing menggunakan kartu kredit atau debit. Jika bingung gimana cara membeli tiketnya jangan sungkan untuk bertanya kepada petugas yang ada.

Baca Juga : Pengalaman Naik KA Senja Utama Solo

  1. Bus Damri dan bus-bus lainnya

Ini adalah moda transportasi favorit sejak zaman kuliah tahun 2012-2016, hingga terakhir kemarin saat pulang kampung. Terakhir kali naik bus gue cukup kecewa karena macet. Bayangkan, butuh waktu 2 jam perjalanan untuk sampai di kota Medan waktu itu. Harga tiketnya sangat ramah di kantong yaitu Rp. 20.000. Di dalam sudah ada kursi yang nyaman dan tempat untuk menyimpan koper. Bus ini memiliki banyak rute, sama halnya seperti bus damri di Jakarta. Gue biasanya memilih rute ke Plaza Medan Fair yang berada di pusat kota Medan. Selain bus damri ada juga bus ALS yang tujuannya sampai ke Binjai.

Nah itu tadi 3 pilihan transportasi umum yang bisa digunakan di bandara Kuala Namu, semoga bermanfaat! Kalau ada yang punya pilihan lain selain taksi, bus dan kereta bandara kualanamu boleh share juga ya agar bisa membantu yang akan bepergian kesana.

 

Share this article
error

One thought on “Kereta Bandara Kualanamu dan Transportasi Umum Lainnya ke Kota Medan”

  1. Terima kasih infonya cukup membantu, ketika berpergian sendiri ke Medan.
    tapi dengar2, infonya kereta api bandara ada discount 50%, benar gak ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Apakah artikel kami membantu? Share ke temanmu ya!