Naik Kereta Senja Utama Jakarta – Solo Kedua Kalinya

Setelah cuti pulang kampung selama seminggu ke Aceh, gue akhirnya di perjalanan balik ke Solo. Tapi, sebelum ke Solo gue sempat ke Depok dulu untuk mengurus surat motor. Makanya gue kembali berkesempatan untuk menjajal KA Senja Utama Solo lagi. Sebenarnya ada pilihan lain yaitu Bus atau Pesawat. Kalau Pesawat karena harga dan waktunya yang kebetulan nggak pas. Sementara bus nggak gue pilih karena perjalanannya lebih lama dan goncangan dalam bus itu sering bikin gue mual.

Akhirnya kereta Senja Utama Solo yang kemudian jadi pilihan gue karena pertimbangan waktu keberangkatannya yang enak dan harga yang lebih murah. Harga tiketnya itu Rp 250.000, bisa lebih murah kalau kita beli dengan menggunakan diskon yang disediakan aplikasi seperti Traveloka atau Tiket.com.

Seperti yang udah gue ceritain di artikel sebelumnya, KA Senja Utama Solo ini kelasnya ekonomi premium. Jadi nggak seperti KA kelas ekonomi lainnya yang duduknya tidak ada sekat dan berhadap-hadapan. KA Senja Utama Solo ini kursinya lebih nyaman dengan single seat posisi kursi 2-2. Nih kalau penasaran sama gerbong di kereta Senja Utama.

gerbong kereta ekonomi premium senja utama solo

Baca juga: List Harga Makanan di Kereta Kelas Ekonomi dan Eksekutif

Nah, untuk jadwalnya, keberangkatan KA ini tepat waktu banget lho. Jadi, jika di jadwal dari Jakarta naik kereta ke Solo itu berangkat jam 22.00, maka jam 22.00 teng keretanya jalan. Biasanya, jadwal KA Senjata Utama Solo ini berangkat dari Stasiun Pasar Senen Jakarta jam 22.00 dan tiba di Stasiun Solo Balapan besok paginya jam 06.55.

Pintu ruang tunggu di stasiun dibuka pukul 21.15. Biasanya ngantrinya sudah ramai sebelum jam 9 malam sih supaya dapat duduk di ruang tunggu yang kursinya bisa dibilang nggak terlalu banyak. Walaupun sudah di ruang tunggu, kereta baru datang 10 menit sebelum jam keberangkatan. Jadi, untuk lebih amannya, kita harus sudah berada di ruang tunggu itu maksimal 21.50. Sementara, waktu yang diberikan untuk penumpang naik ke kereta itu cuma sekitar 10 menit dari kereta datang hingga berangkat, jadi ada baiknya keperluan seperti toilet atau beli jajan diselesaikan sebelumnya.

Tidak seperti keberangkatannya yang tepat waktu. Pengalaman gue dua kali naik kereta ini, kereta ini selalu terlambat sampai di stasiun tujuan. Jika di jadwal sampainya pukul 06.55, kereta Senja Utama akan sampai di stasiun Solo Balapan itu jam 07.30 pagi. Waktu yang masih cukup sebenarnya bagi orang yang tinggal di kota Solo untuk berangkat kerja. Namun, untuk kamu yang sudah janji dengan seseorang untuk dijemput atau bertemu sebaiknya agak dilonggarkan waktunya.

KA Senja Utama Solo ini memiliki 4 gerbong Eksekutif dan 4 gerbong Premium. Di kereta ada fasilitas sewa selimut dan bantal untuk tidur. Gue sendiri menyewa selimut karena kebetulan kemarin gue nggak bawa jaket. Harga sewa selimutnya hanya Rp 10.000. Nggak usah khawatir soal kebersihannya, selimut yang kita sewa di bungkus plastik dan wangi kok. Dengan jadwal keberangkatan yang cukup larut dan tiba pagi di Solo, kereta Senja Utama Solo cocok bagi kamu yang ingin berangkat ke Solo sambil beristirahat.

sewa selimut di kereta senja utama ekonomi solo