5 Tips Memilih Kursi Kereta Ekonomi Premium

Buat yang baru pertama kali naik kereta KA Ekonomi Premium mungkin masih bingung saat harus memilih bangku atau tempat duduk yang nyaman.

Karena, pemilihan tempat duduk yang tepat berpengaruh banget lho supaya sepanjang perjalanan dengan kereta kita bisa merasa nyaman karena biasanya waktu tempuh perjalanan menggunakan kereta nggak bisa dibilang sebentar. Nggak mau kan mual akibat pilih bangku yang menghadap belakang atau mau jalan-jalan ke kereta restorasi tapi ternyata gerbongnya jauh banget?

Nah buat kamu yang akan membeli tiket kereta KA Ekonomi Premium seperti Tawang Jaya, Argo Parahyangan, Senja Utama Solo, Lodaya dan lain-lain simak tips dari gue dulu ya supaya nggak salah pilih tempat duduk.

  1. Bangku dekat jendela : Bangku A atau D

Kalau lo ingin menikmati pemandangan dari bangku kereta atau lagi bepergian sendiri dan ingin bangku yang berada di sebelah jendela, lo bisa pilih bangku dengan huruf A atau huruf D yang memang posisinya adalah di sebelah jendela.

Sementara bangku dengan huruf B dan C adalah bangku yang berada di posisi aisle atau lorong kereta. Biasanya bangku dekat jendela akan lebih cepat terisi jadi pastikan lo beli tiket dari jauh-jauh hari supaya nggak kehabisan bangku di dekat jendela.

2. Kursi menghadap depan vs kursi menghadap belakang

Buat orang yang gampang mabok saat perjalanan, kursi menghadap belakang biasanya paling dihindari. Bayangin sepanjang perjalanan kita harus menghadap ke arah yang berlawanan dari jalannya kereta. Buat yang belum terbiasa mungkin akan merasa pusing sepanjang perjalanan. Karena setiap gerbong KA Ekonomi Premium biasanya setengahnya menghadap ke depan dan sisa setengahnya lagi menghadap ke belakang.

Nah tips dari gue, untuk kereta yang berangkat dari arah Jakarta (dari Stasiun Gambir ataupun Stasiun Pasar Senen) pilih bangku dengan nomor tengah ke nomor akhir. Biasanya urutannya adalah nomor 12-19 yang akan menghadap ke depan.

Sementara sebaliknya, saat lo sedang membeli tiket dari stasiun manapun yang mengarah ke Jakarta, sebaiknya pilih kursi atau tempat duduk dengan nomor kecil, nomor 1-12 karena nomor tersebutlah yang posisinya menghadap searah dengan jalannya kereta. 

Perlu dicatat, tips ini berdasarkan pengalaman gue aja ya, belum tentu ternyata semua kereta template-nya seperti yang gue sebutkan tadi. Kadang ada juga nomor tengahnya adalah 10 dan 11 bukan 11 dan 12, jadi supaya aman pilih nomor yang bukan nomor tengah-tengah aja. 
3

3. Kursi tengah = kursi berhadap-hadapan

Nah penting banget nih buat kita tentuin pemilihan bangku yang letaknya persis di tengah-tengah gerbong. Karena bangku tengah itu kan pertemuan antara bangku yang menghadap ke depan dan bangku yang menghadap ke belakang, jadi penumpang yang kebagian duduk di bangku tengah akan berhadap-hadapan dengan penumpang lainnya. Kalau lo sedang traveling sendirian sih gue nggak saranin untuk pilih bangku ini karena posisinya beneran nggak nyaman. Kaki kita bakalan saling tabrakan sama penumpang di depan dan jadinya lebih sempit. 

Kecuali kalo lo kebetulan sedang bepergian dengan teman atau keluarga dengan jumlah 4-8 orang, nah bangku tengah mungkin bisa jadi pilihan yang tepat. Biasanya berhadap-hadapan malah bikin jadi mudah untuk ngobrol ataupun makan bareng. Lagi-lagi, nomor bangku tengah belum tentu sama di setiap kereta, jadi bisa lo hitung dan perkirakan sendiri yaa kira-kira yang posisinya tepat di nomor tengah yang mana.

4. Nomor ujung = dekat pintu gerbong kereta

Kadang ada yang nggak suka dengan orang yang berlalu-lalang ataupun suara berisik saat pintu gerbong kereta dibuka dan tutup oleh orang lain. Biasanya bangku dengan nomor ujung (nomor 1 atau nomor 20) ini bakalan terganggu banget sama pintu gerbong yang dibuka-tutup. Belum lagi kalau orang yang lewat lupa untuk tutup pintu, jadinya suara berisik di luar gerbong terdengar sampai ke dalam. 

Satu hal lagi yang gue biasanya paling nggak suka dari nomor ujung adalah karena posisinya yang berdekatan dengan toilet di ujung gerbong.

5. Gerbong dekat restorasi alias kereta makan

Nah kalau lo suka pesan makanan atau minuman di tengah perjalanan kereta seperti gue, gue saranin ambil gerbong yang posisinya berdekatan dengan gerbong restorasi. Selain mudah untuk pesan antar makanan ke bangku kereta kita, kita juga bisa mampir dan makan langsung di gerbong kereta makan. Kalau gue sih suka banget jalan-jalan ke gerbong restorasi dibanding makan di bangku sendiri. 


Biasanya gerbong restorasi letaknya di gerbong tengah-tengah. Makanya lebih baik pilih gerbong dengan nomor tengah-tengah kalau ingin berdekatan posisinya dengan kantin kereta. Misalnya, jika jumlah gerbong kereta adalah 12 kereta, maka kita bisa pilih gerbong 6, 7, atau 8. Atau jika gerbong keretanya hanya terdiri dari 8 gerbong saja, berarti gerbong restorasi akan berdekatan dengan gerbong 3 dan 4. 

Sebaliknya kalau lo paling males dengan keributan dan orang yang berlalu lalang, dan nggak berencana untuk pesan makanan, lebih baik pilih gerbong yang ujung agar tidak terganggu dengan orang yang ingin berjalan-jalan ke gerbong restoran kereta.

Kalau lo punya tips lainnya untuk milih bangku kereta yang nyaman, atau ada tips dari gue yang perlu direvisi karena kurang tepat, boleh banget lho share di kolom komentar. Semoga membantu ya!

Share this article
error

2 thoughts on “5 Tips Memilih Kursi Kereta Ekonomi Premium

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Apakah artikel kami membantu? Share ke temanmu ya!