Pengalaman Naik Kereta Joglosemarkerto

Sebuah nubuat dari Raja Jayabaya, menyebutkan ‘Tanah Jawa Kalungan Wesi’. Artinya adalah kelak Pulau Jawa akan dikalungi oleh rantai besi. Beberapa orang menafsirkan jika ramalan tersebut mengacu pada Pulau Jawa yang kini telah dilingkari oleh rel kereta api.

Dibukanya rute baru dan beroperasinya kereta Joglosemarkerto membuat ramalan Jayabaya menjadi kian nyata. Gue akhirnya berhasil naik kereta Joglosemarkerto yang melingkari dari Jogjakarta-Solo-Semarang-Purwokerto-Jogjakarta. Membuatnya mengelilingi stasiun-stasiun besar Jawa Tengah.

Gue sudah dua kali naik kereta Joglosemarkerto. Pertama adalah rute Jogja-Solo menggunakan kelas ekonomi. Lalu percobaan kedua adalah rute Solo-Pekalongan dengan naik kereta Joglosemarkerto kelas eksekutif.

Baca juga: 4 Makanan Asli Pekalongan yang Enak untuk Kulineran

Langsung saja kita bahas dua kelas di kereta ini;

Kereta Api Joglosemarkerto Kelas Ekonomi

Untuk rute Jogja-Solo harganya cukup murah. Gue memesan via Bukalapak dengan harga 32.000 dan ada diskonnya juga, sebesar 3.000 Rupiah. Jadi saya hanya membayar 29.000.

Walaupun tidak sampai 8.000 Rupiah seperti naik kereta api Prameks. Harga 29.000 tentunya tidak merogoh kantong terlalu dalam.

Untuk seat sama seperti kereta ekonomi umumnya. Berhadap-hadapan dan tidak ada sekat dengan sandaran tegak. Namun, jarak kursi dengan kursi yang di depan lebih luas daripada kereta ekonomi lainnya. Sehingga ada ruang yang cukup untuk kaki kita.

Fasilitas lainnya adalah AC, toilet, bagasi, colokan, gantungan dan tatakan. Sudah sesuai dengan standar kereta api sekarang.

Kereta Api Joglosemarkerto Kelas Eksekutif

Disini saya baru merasakan manfaat rute baru ini. Saya pernah perjalanan Pekalongan-Solo dengan harga 300-400 untuk kelas eksekutif. Tetapi, dengan Joglosemarkerto saya hanya merogoh kocek 105.000 melalui aplikasi Bukalapak.

Gerbong eksekutif di kereta Joglosemarkerto ini hanya ada 2. Tetapi, terdapat perbedaan antara eksekutif 1 dan eksekutif 2 walaupun harganya sama.

Eksekutif 1 lebih terkesan adem dan gerbongnya lebih mewah. Untuk aksesnya memakai tombol di pintu otomatis (bukan model geser). Tempat menaruh bagasinya juga lebih bagus karena ada penutup bagasinya.

Eksekutif 1 lebih adem kesannya
Tombol otomatis pintu

Eksekutif 2 tidak memiliki penutup bagasi. Pintunya juga model geser. Tetapi untuk kondisi AC dan fasilitas lainnya sama dengan Eksekutif 1.

Eksekutif 2

Kursinya single seat semua, sesuai standar gerbong eksekutif. Ada Colokan, Toilet, gantungan, TV, tatakan dan tempat menaruh kaki untuk kaki yang kependekan.

Info tambahan lainnya, kereta ini tidak memiliki gerbong kargo jadi tidak bisa digunakan untuk mengirim motor melalui jasa ekspedisi.

Sumber: tribunnews

Pengalaman gue naik kereta Joglosemarkerto ini bisa dibilang sangat baik dan lancar. Jangan lupa nikmati perjalanan anda dengan memesan menu makanan di kereta. Bisa di cek disini!

Share this article
error

2 thoughts on “Pengalaman Naik Kereta Joglosemarkerto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Apakah artikel kami membantu? Share ke temanmu ya!