4 Tips Memilih Pakaian Interview Kerja Pria yang Sesuai

Pernah kepikiran nggak sih kalau penampilan pada saat interview kerja pun menentukan apakah kita akan lolos ke tahap rekrutmen selanjutnya atau nggak?

Menurut gue gimana penampilan kita pada saat bertemu dengan tim hrd maupun user di perusahaan yang kita lamar jadi salah satu faktor penentu lho! Bayangin aja kalau kita datang wawancara kerja pakai baju yang asal-asalan, orang pasti akan males untuk meloloskan kita karena cara berpakaian kita yang terkesan nggak niat dan nggak menghargai proses interview yang sedang kita hadapi. Indeed, your clothes reveal about your personality!

Bukan berarti kita harus pakai baju serba baru dan bermerek mahal juga sebenernya sih, ya. Buat yang bingung mau pakai baju seperti apa saat wawancara kerja, berikut ini tips dan cara untuk memilih pakaian interview kerja pria yang tepat.

1. Sesuaikan Pakaian dengan Posisi dan Perusahaan yang Kita Lamar

Kebanyakan perusahaan memang nggak memberi info mengenai pakaian seperti apa yang kita harus kenakan saat mereka memanggil kita untuk interview. Daripada nebak-nebak sendiri, mendingan kita lihat lagi nih, perusahaan dan posisi apa sih yang sedang kita apply. Dari situ kita harusnya sudah bisa tahu standar gaya berpakaian apa yang sebaiknya digunakan.

Misalnya kita sedang akan wawancara kerja di instansi pemerintahan atau perusahaan multi national, maka setelan kerja formal seperti celana kerja pria, kemeja formal polos, jas formal dan sepatu pantofel bisa jadi pilihan pasangan outfit untuk menghadiri panggilan wawancara. Lain cerita kalau kita bertujuan menghadiri interview perusahaan start up atau media, pilihan outfit bisa jadi lebih bebas. Nggak harus pakai baju yang formal banget, asalkan sopan dan rapi then you’re good to go.

Baca Juga : Rekomendasi Top 5 Film Oktober 2018

2. Pilih Warna Pakaian Interview Kerja Pria dan Aksesoris yang Sederhana dan Tidak Berlebihan

Pemilihan warna pakaian juga nggak kalah penting. Sebisa mungkin pilih warna-warna netral yang nggak terlalu mencolok saat lo memilih pakaian interview kerja pria yang akan dikenakan. Warna kemeja atau blus seperti biru, hitam, putih, krem, bisa banget kita gunakan. Bisa juga dipasangkan dengan celana kerja pria dengan bahan kain berwarna hitam atau abu-abu. Hindari warna mencolok karena mengurangi kesan profesionalitas.

Untuk aksesorisnya, termasuk  parfum, alas kaki, dasi, dan tas. Pastikan setiap aksesoris yang lo kenakan nggak berlebihan ya. Disesuaikan lagi dengan pakaian yang dikenakan. Pakai parfum itu penting, apalagi kalau kita datang ke tempat wawancara dengan mengendarai motor. Tapi jangan juga menggunakan parfum yang wanginya terlalu menyengat.

3. Perhatikan Detail Penampilan

Percuma sepatu bagus tapi ada noda kotornya. Atau, baju baru dan wangi tapi kusut karena belum disetrika. Detail sekecil apapun bisa saja terlihat oleh lawan bicara kita dan bisa mengganggu pandangan. Jadi, perhatikan kembali apakah pakaian yang kita kenakan sudah rapi dan dalam keadaan bersih. Termasuk rambut dan brewok yang nggak boleh dibiarkan gondrong berantakan. Juga kuku yang harus bersih.

4. Percaya Diri dan Fokus dengan Kelebihan yang Dimiliki

Kalau semua rules di atas sudah diikuti, maka kita sudah bisa pergi ke tempat interview kerja dengan tenang deh. Jangan lupa untuk senyum dan percaya diri dengan diri sendiri. Nggak usah terlalu pusing dengan penampilan, yang penting kita fokus aja dengan pencapaian dan misi yang mau kita ‘pamerkan’ saat interview. Semoga berhasil!

Share this article
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Apakah artikel kami membantu? Share ke temanmu ya!