Pengalaman ke Stasiun Bandara Adisutjipto Yogyakarta

Bulan November 2018 gue pulang kampung. Karena domisili gue sekarang di Solo, gue memilih untuk pulang melalui Yogyakarta. Dan tujuan gue adalah Stasiun Bandara Adisutjipto.

Sebenarnya kampung gue di Aceh, tetapi gue ke Medan dulu karena bandara terdekat adalah Kuala Namu (5 jam dari kampung). Dari Solo bisa ke Medan, tapi harus transit dulu. Gue pernah transit di Batam, dan karena delay akhirnya terpaksa transit sekitar dua jam disana.

Nah, karena di Yogyakarta ada yang bisa langsung (direct) dan ada Airasia yang lagi promo, akhirnya gue pilih pulang kali ini lewat Yogyakarta.

Solo ke Jogja

Dari Solo ke Jogja, selain bis ada juga transportasi lainnya, yaitu kereta api. Buat yang dari Solo mau ke bandara Yogyakarta, gue saranin naik kereta api saja. Karena di bandara itu ada stasiun kereta api yang menyatu dengan bandara. Kece gila.

Tau sih, di bandara Kuala Namu dan Soekarno Hatta ada kereta juga, bahkan kereta cepat. Tapi, yang menyatu dengan bandara Adisutjipto ini adalah stasiun kereta api biasa yang misalnya lo engga mau ke bandara pun berhenti juga. Kalau di Jakarta semacam stasiun commuter line, pasar minggu, tebet, dll. Nama stasiunnya adalah Stasiun Maguwo.

Nama Stasiun Maguwo harus diingat baik-baik jika lo baru pertama kali naik kereta dari Solo ke stasiun bandara Adisutjipto. Karena, petugas kereta melalui pengeras suara tidak akan memberitahu kalau stasiun Maguwo adalah stasiun bandara.

Gue saja harus mengonfirmasi ke petugas di pintu keluar jika ini adalah stasiun bandara. Tidak seperti kereta api bandara yang tarifnya mahal (Kuala Namu-Medan 100.000 dan Stasiun BNI City-Jakarta 70.000), dari Solo ke Stasiun Maguwo ini bisa dijangkau mulai dari harga Rp. 8.000,00. Murah sekali bukan?

Baca juga: Pengalaman Naik KA Pasundan, Cuma Bayar 50%

Kereta Prameks

Harga 8.000 itu hanya bisa didapat melalui pembelian langsung di loket Stasiun Solo Balapan dan Stasiun Solo Purwosari. Kereta yang kita naiki namanya, Kereta Prameks (Prambanan Ekspress), kereta “legendaris” bagi orang Solo dan Jogja.

Untuk jadwal kereta Prameks, bisa diakses melalui prameks.com. Karena pembelian yang langsung di loket, maksimal kita sudah harus mengantri membeli tiketnya satu jam sebelum berangkat, karena kalau tidak tiket ini bisa kehabisan.

Antri Tiket Kereta Prameks

Menjadi masalah karena kereta ini peminatnya banyak, tiket terbatas, dan tidak bisa dipesan secara online. Alternatif selain kereta Prameks ada juga kereta Solo Ekspress dengan harga 30.000 dengan fasilitas kursi yang lebih nyaman dari kereta Prameks.

Menunggu Kereta Prameks

Sampai di Stasiun, ada pintu yang mengarahkan anda untuk sampai di pelataran Bandara Adisutjipto. Jika kebingungan, tanyakan kepada petugas, jaraknya tidak terlalu jauh kok. Kurang dari 100 meter, anda sudah berada di kawasan bandara Adisutjipto.

Pintu masuk Bandara yang bersebelahan dengan Stasiun Maguwo
Share this article
error

One thought on “Pengalaman ke Stasiun Bandara Adisutjipto Yogyakarta”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Apakah artikel kami membantu? Share ke temanmu ya!