3 Rekomendasi Toko Kain di Jakarta Murah dan Lengkap

Beli kain di Jakarta enaknya dimana ya? Mana toko kain di jakarta yang paling recommended, Tanah Abang, Mayestik atau Cipadu?

Kebetulan karena saya pernah pergi ke tiga tempat toko kain di Jakarta tadi dan sering belanja kain untuk keperluan brand Ivory & Summer, saya bisa kasih gambaran perbedaan ketiga pusat tempat belanja kain hits di Jakarta ini dan akses untuk pergi kesana.

Pasar Tanah Abang

Lokasi : Jl. Pasar Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat

Jam Buka : 09.00 – 18.00

Lokasi tempat belanja di toko kain di Jakarta yang paling sering saya datangi adalah Pasar Tanah Abang. Selain aksesnya paling mudah, saya juga sudah punya langganan toko kain di blok A yang sering saya kunjungi. Karena namanya pasar, udah pasti area Pusat Grosir Tanah Abang ini luas banget. Sebenarnya seru banget buat yang memang mau explore berbagai jenis kain dari mulai kain polos, motif, sampai bahan tulle dan brokat.

Menurut saya kelebihan Pasar Tanah Abang adalah pilihan tokonya sangat beragam. Nggak hanya kain meteran tapi toko yang menjual baju jadi pun sangat banyak. Sampai ke toko gorden, mukena, sprei dan bed cover pun lengkap. Tinggal keliling aja dan cari mana harga yang sesuai dengan budget kita.

Rekomendasi toko dari saya adalah Sakato Jaya di Blok A Los C No. 1. Saya langganan beli kain motif dan polos disana untuk dijahit dijadikan outer. Biasanya saya juga akan muterin Blok A dan Blok F untuk cari cari toko kain lainnya. Kalau bisa ingat-ingat jalan yang sudah dilalui ya biar nggak nyasar, dan siapkan uang cash juga karena nggak semua toko menyediakan metode pembayaran debit. Lokasi mesin ATM nya pun kadang agak susah dicari.

Untuk menuju ke lokasi Pusat Grosir Tanah Abang biasanya saya naik Commuter Line dan turun di stasiun Tanah Abang. Setelah itu tinggal jalan kaki dan menyusuri pasar sampai ke area Blok A. Kalau naik Transjakarta pun tinggal cari yang tujuan Halte Tanah Abang terus tinggal jalan kaki.

Pasar Mayestik

Lokasi : Jl. Tebah III RT 14/ RW 3 Gunung, Kecamatan kebayoran Baru Jakarta Selatan

Jam Buka : 09.00 – 18.00

Saya mengunjungi Pasar Mayestik ini baru satu kali aja. Setelah berkeliling di area dalam pasar dan nggak menemukan toko yang cocok, akhirnya saya mencari toko yang paling terkenal di Pasar Mayestik yakni toko Fancy Textile. Ternyata letak toko Fancy Textile ini ada di bagian luar Gedung Pasar Mayestik, tepatnya di pertokoan di sepanjang pinggiran Gedung. Tinggal tanya aja ke satpam atau pengunjung lainnya, pasti banyak yang tau kok letaknya di sebelah mana karena toko Fancy emang terkenal banget.

Nah, kelebihannya belanja kain di toko Fancy Mayestik dibanding toko kain di Jakarta yang lainnya adalah karena ruang toko yang luas dan sangat nyaman. Gedungnya terdiri dari 4 lantai yang semuanya dilengkapi dengan AC sehingga nggak gerah deh saat sibuk pilih-pilih kain. Masing-masing lantai berisi kumpulan kain-kain tertentu. Kalau bingung harus ke lantai berapa, tinggal lihat aja di dekat lift nanti ada tulisannya kain apa aja yang ada di lantai sekian. Kelebihan lainnya adalah adanya asisten toko yang siap membantu kita memilihkan kain dan juga menghitung harga kain, jadi tinggal kasih tau aja ke asisten toko kita perlu kain untuk acara apa dan mereka akan antar ke tiap sudut deh.

Sayangnya harga kain disini agak sedikit pricey dibandingkan berbelanja kain di Tanah Abang. Sehingga menurut saya kurang cocok kalau kita beli kain untuk dagang. Toko Fancy ini lebih cocok untuk kita cari-cari kain untuk keperluan pribadi misalnya kain bridesmaids atau seragam lebaran karena tempatnya lebih nyaman untuk hunting kain bareng keluarga.

Oh iya, di hari-hari tertentu toko Fancy menyediakan kain-kain diskonan yang bagus-bagus. Waktu itu saya beli kain Satin Armani yang motifnya cantik banget! Metode pembayaran debit juga tersedia di kasir, jadi nggak harus bayar dengan tunai ya.

Akses menuju Pasar Mayestik dengan kendaraan umum bisa pilih naik Commuter Line atau Transjakarta. Jika naik Commuter Line kita bisa turun di Stasiun Kebayoran lalu lanjut dengan ojek online dengan jarak sekitar 2 KM saja. Sementara kalau naik busway tinggal cari tujuan Halte Pasar Mayestik.

Pasar Tekstil Cipadu

Lokasi : Jl. Hasyim Ashari Cipadu Jaya, Kecamatan Larangan Kota Tangerang Banten

Jam Buka : 08.00 – 18.00

Pilihan yang terakhir ini sebenarnya lokasinya bukan di Jakarta tapi lebih tepatnya di Tangerang. Walaupun agak lebih jauh dibandingkan dua destinasi yang sudah dibahas sebelumnya, tapi Pasar Tekstil Cipadu ini bisa jadi alternatif untuk kalian yang mau mencari kain dengan harga yang lebih miring.

Sebenarnya area utamanya adalah di Pasar Cipadu yang lokasinya masih belum se-rapi Pasar Tanah Abang. Tapi saya lebih merekomendasikan untuk mampir ke Pertokoan Dino Asih dan Pertokoan lainnya yang letaknya sebelum Pasar Tekstil Cipadu. Disana lebih banyak kain motif kekinian seperti katun rayon, mosscrepe, crep zara, dan bahan-bahan bagus lainnya.

Perbandingan harganya lumayan banget loh, di area Cipadu ini secara umum kainnya lebih murah dibanding di Pasar Tanah Abang, apalagi jika dibandingkan dengan harga di Pasar Mayestik yang cenderung lebih tinggi. Selain itu biasanya kita bisa minta kirimkan langsung kain yang kita beli melalui jasa ekspedisi seperti Wahana, JNE atau ekspedisi lainnya tergantung kesediaan pemilik toko.

Akses ke lokasi Cipadu memang lumayan ribet dari pusat kota Jakarta. Caranya, naik KRL yang menuju ke Stasiun Tanah Abang lalu berpindah ke rute Serpong. Turun di Stasiun Pondok Ranji atau Jurangmangu lalu lanjut naik ojek online ataupun taksi online. Jaraknya masih agak lumayan sih di atas 10 km.

Semoga informasi 3 toko kain di Jakarta ini membantu ya buat kalian yang lagi mau hunting kain!

Share this article
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Apakah artikel kami membantu? Share ke temanmu ya!