Rekomendasi Top 5 Film Oktober 2018

Di bulan Oktober lalu, gue menonton 12 film Oktober 2018 yang list selengkapnya bisa dilihat di Letterboxd gue. Dari 12 film itu gue akan bahas 5 film teratas yang siapa tahu bisa jadi rekomendasi film untuk kalian. Filmnya campur-campur sih, dari yang tayang di bioskop, film lawas, atau film bagus tahun lalu yang baru gue tonton. Ada juga yang pernah gue tonton tapi gue tonton ulang. Sebenarnya gue nonton The Night Comes For Us dan gue kasih nilai bintang 2, karena jujur gue nontonnya capek banget. Tapi mungkin gue akan nonton ulang itu film, karena kemarin posisinya gue nonton di atas kereta Prameks Solo-Jogja (yang nggak pewe banget) berdiri dan cuman pakai handphone. Mungkin gara-gara itu gue ngerasa nggak nyaman nontonnya. Oke, di bawah ini Top 5 film Oktober 2018 versi gue.

  1. The Big Sick (2017)

Genre: Romantic-comedy
Cast: Kumail Nanjiani, Zoe Kazan

The Big Sick, gue dapuk sebagai film terbaik yang gue tonton selama bulan Oktober lalu. Saking sukanya, ada beberapa adegan yang gue ulang-ulang karena penyampaian dialognya itu keren banget! Ceritanya tentang pemuda muslim Bangladesh yang jatuh cinta dengan seorang wanita Amerika. Selain cinta, film ini juga mengangkat isu identitas dan hubungan keluarga. Diangkat dari kisah nyata aktornya, Kumail Nanjiani, film ini mendapatkan nominasi Oscar untuk naskah asli terbaik.

  1. Game Night (2018)

Jason Bateman and Rachel McAdams star in a scene from the movie "Game Night." The Catholic News Service classification is L -- limited adult audience, films whose problematic content many adults would find troubling. The Motion Picture Association of America rating is R -- restricted. Under 17 requires accompanying parent or adult guardian. (CNS photo/Warner Bros.) See MOVIE-REVIEW-GAME-NIGHT Feb. 22, 2018.

Genre: Comedy
Cast: Jason Bateman, Rachel Mc Adams

Kalau kalian suka tipikal film komedi ala Horrible bosses atau We are the Miller, maka film ini bakalan cocok untuk kalian nikmati. Game Night bercerita tentang permainan yang went wrong dan layaknya efek domino, permainan tersebut merembet ke hal-hal lain yang melibatkan mafia, polisi, hingga Denzel Washington. Pop reference cukup banyak diselipkan sebagai bumbu-bumbu komedinya. Kekuatan filmnya tentu ada pada duet Jason dan Rachel, tetapi barisan cast pendukungnya juga tampil dengan ciamik. Hati-hati, di sini ada aktor yang mirip banget banget sama Matt Damon.

  1. Logan (2017)

Genre: Action, Superhero
Cast: Hugh Jackman

Kalau di Letterboxd gue, film ini berada di urutan teratas soal rating, tetapi, disini gue bikin urutan ketiga karena gue udah pernah nonton ini sebelumnya tahun lalu. Ditonton untuk kedua kalinya, gue masih merasa kayak nonton Manchester by the Sea, dimana kita dipaksa untuk merasakan kegetiran dan kesedihan karakter utamanya. Logan bercerita tentang Wolverine (karakter dari X-Men) di masa tuanya. Di dunia dimana makhluk mutan sudah hampir punah, Logan harus memulai perjalanannya sebagai driver ojol (literally) untuk mengantar salah satu harapan terakhir bagi makhluk mutan. Film ini menjadi yang terakhir untuk kita bisa menyaksikan penampilan Hugh Jackman sebagai Wolverine. Saking bagusnya, banyak kritikus bilang film Logan sendiri mampu menumbangkan seluruh franchise X-men untuk soal kedalaman cerita.

  1. Set it Up (2018)

Genre: Romantic-Comedy
Cast: Zoey Deutch, Glenn Powell

Di era film superhero dan film Oscar-bait ini, Set It Up memberikan nafas segar bagi genre komedi-romantis. Formulanya sebenarnya sederhana, tetapi karena penampilan cast dan kisah yang relatable untuk anak jaman sekarang, Set It Up gue dapuk sebagai salah satu top 5 film Oktober 2018. Ceritanya tentang dua asisten yang berjuang untuk menjodohkan bos mereka satu sama lain agar pekerjaan mereka menjadi lebih santai. Kalau agak familiar dengan pemeran utama wanitanya, Zoe Deutch adalah wanita yang juga tampil di video klip “Perfect”-nya Ed Sheeran.

  1. Groundhog Day (1993)

Genre: Comedy, Drama
Cast: Bill Murray

Groundhog Day ini film lawas, tepatnya sekitar tahun 90-an. Ceritanya mirip dengan Edge of Tomorrow, tentang orang yang terjebak sebuah loop time. Sama halnya kayak kita menyetel lagu dengan mode repeat/loop, Bill disini terjebak di dalam sebuah hari yang bernama Groundhog Day. Apa yang akan dilakukan oleh Bill, seorang reporter egois, selanjutnya sangat manusiawi dan orisinil. Akumulasi dari premis, narasi hingga akting Bill Murray disini yang kemudian membuat Groundhog Day dikenang hingga saat ini.

Honorable mentions film Oktober 2018

Mandy (2018)

Genre: Thriller, Cult

Film yang Hippie banget dengan dominasi tone warna yang bagus. Akan terasa hambar tanpa Nicolas Cage yang di film ini memberikan salah satu akting terbaiknya.

Bleach (2018)

Genre: Action, Superhero

Salah satu manga-live action terbaik sejauh ini. Efek visualnya bagus, tetapi tetap kurang begitu suka dengan konsep karakter komik diangkat ke dunia nyata.

Share this article
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Apakah artikel kami membantu? Share ke temanmu ya!