Gila-gilaan Tinggal di India dengan Orang Indonesia (Bagian 1)

Oke, kita balik dulu ke tahun 2014 saat gue mengikuti exchange program dan tinggal di India. Sejujurnya, banyak hal yang gue sesali, dan banyak juga hal yang gue syukuri telah mengunjungi tanah Hindustan itu.

Salah satu pengalaman yang sangat gue kenang dan sering tertawa sendiri kalau mengingatnya adalah kenangan yang gue habiskan dengan anak-anak exchange lainnya yang sama-sama berasal dari Indonesia.

Hampir seminggu pertama tinggal di India gue habiskan dengan sendirian di hostel. Hal ini terjadi karena… oke, here is a little secret, i must say, organisasi yang memfasilitasi gue di India sangat-sangat kurang persiapan.

Selama seminggu gue terluntang-lantung menunggu kepastian penempatan kerja (volunteer). Akhirnya karena gue bingung tidak tahu mau melakukan apa gue menghubungi rekan-rekan Indonesia yang tinggal diy India juga.

Ternyata penginapan mereka tidak terlalu jauh dari hostel gue, kurang dari 2 km. Gue datang kesana dan akhirnya untuk pertama kalinya gue bisa ngomong bahasa Indonesia lagi.

Di hostel

Ternyata ada sekitar 6-7 orang Indonesia disini dan yah, best travel companion ke luar negeri, ya, sama orang Indonesia. Soalnya, kalau kami mengejek/ ngatain orang asing dengan bahasa Indonesia mereka tidak akan mengerti haha.

Gue akui, menghina orang lain itu salah. Mungkin kadar Chauvinisme sedang tinggi karena jauh dari tanah air.

Pernah satu kali di kereta (semacam KRL, di India disebut Metro) ada orang India yang memakai celana olahraga masuk saat malam hari.

Terus pasti saja salah satu dari kita komen, “wiiih, malam-malam begini habis jogging doi” (bahasa Indonesia).

Orang India yang dibilang begitu tidak mengerti sama sekali, haha. Ada juga saat kami harus berdiri di Metro dan di depan kami ada orang India.

Langsung saja ada yang nyeletuk, “Bau banget dah ni orang, makan bawang mulu yah”, dan sekali lagi orang Indianya hanya diam saja karena tidak mengerti bahasa kami.

Baca juga: Perjalanan dari Kota Kuala Simpang Menuju ke Bandara Kualanamu

So much fun jalan-jalan dengan orang Indonesia saat tinggal di India. selain mengurangi stress dan shock culture, kita juga mengurangi rasa rindu dengan Indonesia.

Walaupun semuanya pada reschedule dan pulang cepat karena tidak kuat dengan India, gue sangat mengenang jalan-jalan dengan mereka.

Gila-gilaan di Old Delhi, nyasar ke taman (yaampun ini harus banget diceritain haha), belanja oleh-oleh, sampai pulang malam sambil naik rickhsaw (becak) yang kita pastinya ngomongin si abangnya pake bahasa Indonesia.

Salah satu yang gue sesali adalah gue belum mempriotaskan untuk foto-foto bagus, :’).

Share this article
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Apakah artikel kami membantu? Share ke temanmu ya!